Opini #2 : Muslimah kerja atau kuliah ?

Assalamualaikum wr.wb

Lagi bulannya mahasiswa baru buat kuliah nih sekarang , tapi apa mungkin masih ada yang bingung mau pilih kuliah apa kerja ? Kaya aku gini ini.  Mungkin pengen kuliah tapi ekonomi gak memadai untuk kuliah , mau kuliah di univ negeri juga ga mampu otaknya hehe .

Dan pasti ada diluaran sana yang selalu komen " ngapain kuliah , lihat sarjana sekarang itu gak jamin bisa dapat kerjaan enak " atau kalau gak dapat argumen yang gini " kamu itu cewek , toh nantinya jadi ibu rumah tangga . jadi percuma aja kuliah tinggi-tinggi ujungnya juga dirumah ngurus anak aja " .

Geregetan sih pastinya dapat argumen-argumen yang begitu , mungkin pemikiran orang beda-beda , tapi paling gak coba deh kalau ngasih pendapat jangan menjatuhkan gitu.  Kasih kata-kata yang alus gitu biar yang nerima enak .

Pengalaman aja sih , aku lulusan smk tahun 2015 . dan aku baru bener-bener yakin buat kuliah di tahun 2017 ini. Setiap tahun selalu kepikiran buat kuliah.  Tapi selalu ada aja yang bikin down sampe akhirnya pending pending mulu .

Mulai dari sodara yang bilang " alah gausa kuliah , toh nanti juga di dapur ngurusi keluarga " dan itu aku gak LIKE . jadi gini ya menurutku memang wanita itu nantinya akan menjadi seorang ibu dimana tugas seorang ibu adalah mengurus keluarganya ( suami dan anak ) . tapi bukan berati kita ga butuh pendidikan , mengurus anak juga perlu pendidikan loh ? Mau dicetak jadi generasi macam apa anak kita nanti kalau kita gak ada wawasan yang luas ataupun pendidikan yang mencukupi.

Terus ada juga yang bilang "sarjana gak jamin kerjanya enak , banyak yang sudah lulus tapi gak dapet-dapet kerja " . nah ini , kan kalau urusan rejeki itu sudah Allah SWT yang ngatur , rejeki akan datang pada waktunya dan sesuai dengan keperluan kita . tinggal kitanya aja yang berusaha , jangan menyalahkan kuliahnya.  Jadi jadikan KULIAH itu untuk tempat menimba ilmu bukan buat dapat pekerjaan yang enak/gaji yang besar .

Dan karena ekonomi yang gak mencukupi pun bisa jadi alasan gak lanjut kuliah , karena namanya manusia kan rejekinya masing-masing.  Bersyukur buat kalian yang gak perlu susah-susah buat kuliah karena orangtua nya mampu membiayai.  Tapi buat yang orangtuanya pas-pas an penghasilannya , jangan bersedih . kalian bisa kuliah dengan kerja.  Cari aja kampus yang ada kuliah malamnya , jadi pilih kuliah malam dan paginya bisa dipakai buat kerja.  Lumayan kan ? Tapi jangan cari kerjaan yang fulltime , cari aja kerjaan yang sampai jam 5 sore aja atau jam 12 siang . jadi malamnya kan masih bisa kuliah

Gak berat ya kuliah sambil kerja ? Gimana cara ngatur waktunya ? Jangan pesimis gituu dong , belum dicoba juga kan ? Coba aja dulu . pasti ada kemudahan kok selama kita mau berusaha . jadi kan sedikit ringan kalau kita kuliah sambil kerja.  Jadi gak bebanin orangtua juga.

Atau mungkin orangtua kalian melarang kalian buat kuliah karena mereka merasa mereka gak mampu untuk biayain ? Ya yakinin dong orangtua kalian kalau kalian itu bisa mandiri . kalian bakal berusaha buat biayain kuliah kalian sendiri.  Jadi orangtua kalian akan melihat gimana usaha kalian , kalau memang kalian giat usaha buat kuliahnya pasti ortu bakal kasih ijin kok buat kalian. Tapi jangan pernah kecewain ortu kalau sudah dapat ijin .

Jadi intinya kuliah itu penting buat masa depan , dan kerja itu cuman sampingan aja buat masa depan.  Kalau sudah punya suami , jangan mikirin pingin kerja dapat uang banyak biar ga bebanin suami . noo guys !! Gak semua suami bakalan suka kalau kalian kerja , ada yang lebih suka kalau istrinya lebih fokus sama rumah , ngurus suami sama anak . jadi pas suami pulang udah ada yang nyambut buatin kopi/teh . kan lebih enak , so sweet gitu haha

Udah deh beropininya kali ini . makasih sudah meluangkan waktu untuk membaca opiniku yang mungkin agak gimana gitu haha.  Semoga bermanfaat dan memotivasi . dan kalian juga bisa share pengalaman kalian dalam mengambil keputusan kuliah atau kerja di kolom komentar yaa !!

Semangat berjuang wanita muslimah diluar sana , semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT dan bahagia dunia akhirat

Wassalamualaikum wr.wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Kuliner : Mie Samyang