PROPOSAL PROJECT TUGAS AKHIR CARA MENDESAIN KAOS DENGAN COREL DRAW

 

DISUSUN OLEH :
NUR LAILATUL KHASANAH

NIS :
3433/593 .072

PROGRAM STUDI KEAHLIAN
MULTIMEDIA

SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO
TAHUN PELAJARAN 2014/2015



PROPOSAL
PROJECT TUGAS AKHIR

Nama Sekolah : SMK Antartika 2 Sidoarjo
Program Keahlian : Multimedia
Nis : 3433/593 .072
Alokasi Waktu : 2 Minggu
Nomor Peserta :
















Nama Peserta : Nur Lailatul Khasanah
Judul Project : Cara Mendesain Kaos dengan Corel Draw


Peserta Ujian



Nur Lailatul Khasanah


Kepala Sekolah Guru Pembimbing
SMK Antartika 2 Sidoarjo




H. Imam Jawahir S.Pd.MM Gunawan Ari Bowo S.ST
NIP.19690510 200501 1015 NUPTK. 84427556200022





KATA PENGANTAR

Assalamualaikum Wr. Wb.

Segala puji dan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat, taufiq serta hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan proposal “ Cara Mendesain Kaos dengan Corel Draw “ ini.
Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembuatan proposal ini. Saya sangat menyadari masih banyak kekurangan dan kelemahan baik dari segi materi kajian, pendekatan maupun cara penulisannya, untuk itu kritik dan saran sangat saya harapkan dari pembaca, agar kedepannya saya dapat membuat proposal sebaik mungkin.
Semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi pembaca, teman-teman lainnya dan juga nantinya bermanfaat bagi diri saya sendiri.

Wasalamualaikum Wr. Wb.


Penulis


Nur Lailatul Khasanah




DAFTAR ISI
Judul i
Pengesahan ii
Kata Pengantar iii
Daftar Isi iv

BAB I PENDAHULUAN
  1. Latar belakang 1
  2. Tujuan 1

BAB II PEMBAHASAN
  1. Sejarah Desain 2
  2. Software untuk desain kaos 3
  3. Pengertian Kaos 5
  4. Cara mendesain kaos 7

BAB III SASARAN PASAR / PENGGUNA 23
BAB IV PENUTUP 24
DAFTAR PUSTAKA 25
BIODATA PENULIS 26


 
BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang

Dalam perkembangan seni yang sangat pesat ini , seni bisa dituangkan dalam bentuk bermacam – macam , seperti halnya mendesain kaos . Saat ini mendesain kaos sangatlah mudah , banyak sekali software aplikasi desain grafis yang bisa digunakan untuk mendesain . salah satunya adalah software Corel Draw .

Corel Draw tentunya sudah tidak asing ditelinga kita saat ini. Corel Draw adalah software aplikasi pengolah gambar vector bisa dibilang perangkat lunak untuk membuat gambar vector, software ini merupakan salah satu produk dari Corel Corporation, perusahaan pembuat perangkat lunak computer yang didirikan pada tahun 1985 di Ottawa Kanada. Corel Draw sangat laris dipasaran dan banyak digunakan untuk membuat desain grafis yang bagus.

  1. Tujuan

  1. Mengetahui Sejarah Desain
  2. Mengetahui Software yang bisa digunakan untuk desain kaos
  3. Memahami tentang Kaos atau Baju yang akan di desain
  4. Mengetahui Cara Mendesain Kaos


BAB II
PEMBAHASAN

  1. Sejarah Desain

Desain merupakan suatu hasil karya kreatif yang menggabungkan berbagai seni dan arsitektur. Proses desain bukan hanya sekadar perancangan bernilai estetika, akan tetapi untuk melahirkan suatu desain, dibutuhkan pertimbangan pemikiran, rasa, gagasan juga pendapat dari pihak lain. Selain itu penting juga melibatkan faktor internal (yaitu jiwa seni, ide dan kreativitas perancang) atau pun faktor eksternal (berupa hasil penelitian dari berbagai bidang ilmu, teknologi, lingkungan, budaya dan sebagainya. Maka dapat dikatakan bahwa untuk menghasilkan suatu desain dibutuhkan suatu proses pemikiran yang terstruktur rapi sehingga mendapatkan hasil yang dapat diukur
Sejarah perkembangan desain bisa dikatakan bermula dari revolusi industri di Eropa. Meskipun sebenarnya dasar perkembangan desain adalah juga ditentukan oleh pertumbuhan seni rupa dan kerajinan sejak manusia ada di muka bumi ini.
Di Indonesia, pengembangan desain diawali dengan membentuk ‘Design Center’ oleh Fakultas Perencanaan dan Sipil Institut Teknologi Bandung tahun 1968 yang pada waktu itu diperkenalkan dalam Expo 70 di Osaka Jepang.
Sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam pembentukan ASEAN sebagai wadah pemersatu Bangsa-bangsa Asia Tenggara tahun 1976 oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penyelenggaranya, salah satu keputusan penting yang dikeluarkan adalah suatu saran agar setiap anggota ASEAN memiliki dan mendirikan pusat pengembangan Desain dan Kerajinan. Setelah itu dengan adanya kegiatan-kegiatan yang berkisar pada masalah-masalah desain dengan berbagai aspek, dalam sebuah lokakarya muncullah gagasan untuk membentuk sebuah organisasi yang pada waktu itu diberi nama IADI (Ikatan Ahli Desain Indonesia). Munculnya organisasi IADI merupakan manifestasi dari kehadiran profesi desain di Indonesia, dan timbulnya kesadaran akan tanggung jawab profesi para ahli desain Indonesia.
.

  1. Software untuk Desain Kaos

  1. Corel Draw
CorelDRAW adalah software pembuat grafik vector yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation di Ottawa, Kanada. Versi terakhir dari CorelDRAW adalah versi X6 atau versi 16 (saat artikel ini dibuat) yang diluncurkan pada tanggal 20 Maret 2012.

CorelDRAW pertama kali dibuat pada tahun 1987. Corel Corporation mempekerjakan teknisi software bernama Michel Bouillon dan Pat Beirne untuk mengembangkan program ilustrasi dasar vector yang nantinya disatukan dengan sistem desktop publishing mereka. Awalnya program CorelDRAW dirilis pada tahun 1989, CorelDRAW versi 1.x dan 2.x yang berjalan pada platform Windows.

CorelDRAW 3.0 dirilis bersamaan dengan Microsoft Windows 3.1. Fakta yang terdapat dalam True Type pada Windows 3.1 merubah CorelDRAW benar-benar menjadi sebuah program ilustrasi yang dapat menggunakan Sitem instalasi lainnya tanpa rekomendasi aplikasi pihak ketiga seperti Adobe Type Manager.

  • Keunggulan program :

            Suatu program yang baik tentu saja memiliki keunggulan yang signifikan. Beberapa keunggulan program Corel Draw antara lain adalah:

  1. Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.
  2. Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.
  3. Corel Draw sangag baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop.
  4. Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.

  • Kelemahan program :

  1. memakan memori dan resource lain yang sangat besar apalagi bila gambar yang sedang dibuat mempunyai detail yang banyak. Pada PC yang low end penggunaan CDR sering menimbulkan pesan ‘crash’ pada system bahkan dalam proses effect bevel/emboss dalam PC yang bagus pun dapat timbul ‘hang’.
  2. besar file yang dibuat membengkak
  3. warna yang dicetak tidak akurat (tidak sesuai dengan tampilan layar) pada beberapa jenis printer
  4. dalam pembuatan objek table tidak semudah membuat table dalam MS Word. Yaitu dengan cara yang sangat manual
  5. apabila ada penggabungan objek vector dan photo/bitmap kualitas cetakannya kurang memuaskan, misalnya membuat cover buku yang terdapat objek text dan photo.
  6. kompatibilitas versi CorelDraw banyak kendala dalam sharing ke versi lainnya.

  1. PhotoShop
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 , versi keduabelas adalah Adobe Photoshop CS5 , dan versi yang terakhir (ketigabelas) adalah Adobe Photoshop CS6.
Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver
      1. Keunggulan Program
          1. Lebih familiar dan mudah digunakan disbanding software editing gambar selevel adobe photoshop
          2. Fasilitas editing gambar hingga efek variasi gambar lebih lengkap
          3. Bisa menyimpan dalam berbagai format dengan berbagai kulitas gambar beserta resolusi dan ukurannya
          4. Bisa untuk memanipulasi atau merekayasa foto
          5. Fasilitas efek bisa ditambah
          6. File hasil editan bisa disimpan dalam format JPG dengan kualitas bagus.


      1. Kelemahan Program
          1. Kurang bagus untuk pembuatan desain majalah atau cetak brosur dengan banyak teks, karena tidak bisa membuat paragraph tulisan dengan sempurna
          2. Ukuran penyimpanan file relative besar bila terdapat banyak layer dan ukuran gambar yang besar
          3. Proses cetak dalam ukuran kertas pada umumnya, atau ukuran kertas yang besar relative lebih sulit
          4. Akan lebih rumit ketikamengedit gambar dan banyak layer yang digabung

  1. Pengertian Kaos

Kaos adalah Pakaian sederhana ringan untuk tubuh bagian atas, biasanya lengan pendek [T - shirt disebut demikian karena bentuknya]. Sebuah T-shirt biasanya tanpa kancing dan kerah, dengan leher bulat dan lengan pendek. Busana ini bisa dikenakan oleh siapa saja, baik pria dan wanita, dan untuk semua kelompok umur, termasuk bayi, remaja, dan dewasa.


Kaos terbuat dari katon yang umumnya lembut , jadi jika dibandingkan dengan baju lebih enak menggunakan kaos karena bahan lebih nyaman dipakai. Di indonesia terdapat berbagai macam merk kaos, contohnya:


  • Quick Silver
  • Diery
  • Ie-be
  • Skaters
  • Darboss
  • Black Angel

Kaos ini biasanya tersebar di daerah jawa.Kaos juga merupakan lambang semangat,karena saat kita memakai kaos itu kita harus menyesuaikan apa gambar/motif dari kaos itu.terdapat model kaos saat ini misalnya: model kaos distro,kaos couple,kaos partai/komunitas, kaos group.


  1. Manfaat Kaos
Tanpa kita sadari, sebenarnya ada banyak sekali kegunaan kaos polos dalam kehidupan kita sehari-hari. Baik untuk pribadi, komunitas, maupun untuk perusahaan. Karena harganya yang relatif murah serta mudah didapatkan di berbagai tempat, sehingga semakin banyak orang menggunakan kaos polos untuk berbagai hal di dalam kehidupan. Berikut beberapa manfaat kaos polos dalam keseharian Anda :
  • Pakaian santai sehari-hari
Tentu saja, pada jaman sekarang ini, menggunakan kaos polos untuk pergi ke mall atau sekedar bersantai di rumah rasanya hal yang sangat menyenangkan. Tak bisa dibayangkan jika di era yang rumit dan maju ini, kita masih harus mengenakan pakaian-pakaian yang mengekang seperti pada tahun 1950-an di Amerika, dengan pakaian yang berlapis-lapis dan kaku. Tapi berkat penemuan kaos, yang mungkin terjadi secara tak sengaja, namun sangat mendongkrak popularitasnya, kini kita dapat bersantai dan bepergian hanya dengan sehelai kaos di badan. sablon kaos sudah menyelamatkan segenap umat manusia dari ketidaknyamanan berpakaian yang berlarut-larut.
  • Pakaian olahraga
Ini hal menyenangkan lainnya dari ditemukannya kaos polos dala kehidupan ini. Sekarang kita dapat berolahraga dengan nyaman dan leluasa karena kaos. Jika tidak ada kaos, mungkin kita akan berolahraga menggunakan kemeja, yang sudah pasti sangat tidak nyaman dan melelahkan. Mungkin malah mengakibatkan gatal-gatal dan ruam keringat. Untung saja, para penggelut dunia garmen lalu menemukan print kaos dalam berbagai bahan yang mudah menyerap keringat, sehingga Anda dapat menggunakannya untuk beraktifitas termasuk berolahraga. Benar-benar fakta yang melegakan.
  • Seragam komunitas
Selain dua hal di atas, kaos juga terlah semakin berkembang fungsinya dan makin banyak digunakan sebagai seragam, tidak hanya pakaian santai. Kaos berkerah pun banyak dieksplorasi untuk dijadikan seragam komunitas-komunitas, serta menjadi tanda kebersamaan saat terselenggaranya suatu event.
  • Seragam perusahaan
Tak banyak yang memakai kaos sebagai seragam kantor memang. Tapi yang dimaksudkan di sini adalah terkadang ada acara tertentu dalam perusahaan yang memerlukan seragam yang nyaman digunakan dan mudah penggunaannya. Pada saat itulah, kaos mengambil alih.
  • Souvenir
Nah ini yang paling menyenangkan, kaos juga dapat dijadikan souvenir untuk dibagikan secara gratis kepada kolega, rekan-rekan kerja, atau klien Anda. Karena harganya murah meriah, kaos merupakan bentuk kenang-kenangan atau souvenir yang paling efektif dan efisien di jaman ini.
  1. CARA MENDESAIN BAJU/KAOS
Dari beberapa manfaat yang sudah dipaparkan diatas , disini saya akan menjelaskan bagaimana cara mendesain kaos melalui Software Corel Draw .
    • Cara Mendesain Kaos untuk Pakaian Sehari-hari
      1. Buka program Corel Draw















      1.   Buat pola baju / kaos, caranya klik Bezier Tool yang ada di toolbox coreldraw













      1. Untuk memudahkan membuat pola, gunakan garis bantu, seperti dibawah ini
















      1. Supaya garis pola baju melengkung, klik Shape Tool lalu klik kanan dan pilih convert line to curve, seperti dibawah ini

















      1. Dan buat garis melengkung pada bagian pola kaos yang lain , seperti dibawah ini















      1. Buat warna kaos dengan Fill Tool, misalnya warna biru seperti ini














  1. Supaya kaos / t-shirt tidak terkesan kaku, kita akan memberi lipatan pada bagian lengan kanan, caranya masih menggunakan Bezier Tool seperti dibawah ini dan buat warnanya lebih tua.









        1. Lalu letakkan lipatan yang baru dibuat di sebelah lengan kanan, lihat gambar dibawah ini.












  1. Lalu buat lagi lipatan kaos untuk diletakkan pada bagian lengan kiri, seperti dibawah ini, langkah membuatnya sama seperti diatas yaitu dengan bezier tool




  1. Letakkan lipatan kaos yang baru dibuat disebelah lengan kiri
  1. Kita akan membuat kerah kaos dan caranya juga sama yaitu dengan Bezier tool. Untuk membuatnya terlebih dahulu buat persegi panjang, kalau sudah lalu klik Shape Tool dan lengkungkan garis dengan klik convert line to curve, seperti dibawah ini








  1.   Lalu letakkan kerah yang sudah jadi seperti dibawah ini



  1. Selanjutnya buat lipatan untuk samping baju seperti pada nomor 7 diatas. Lalu buat variasi misalnya dengan menambah gambar atau teks pada kaos
      • Cara Mendesain Kaos untuk Seragam Perusahaan

Berikut langkah - langkah pembuatan baju seragam atau kemejanya,

  1. Buatlah garis menyerupai gambar di bawah ini dengan menggunakan Freehand Tool (F5)










  1. Buat objek baru pada lengan dengan menggunakan Freehand Tool (F5)

















  1. Duplikat objek lengan, caranya : Tahan Tombol Ctrl kemudian Klik tahan, lalu geser objek disembarang tempat, klik kanan, kemudian lepaskan (teknik duplikat)



















  1. Klik 2x objek yang baru lalu klik kanan kemudian klik To Curve ubah garis objek tersebut, hingga menyerupai bentuk sebelah kiri kerah

















  1. Setelah itu posisikan kerah seperti gambar dibawah ini
  2. Buat objek baru untuk saku menggunakan Rectangle Tool, seperti pada gambar di bawah ini








  1. Pilih keseluruan objek kemudian pertebal garisnya dengan cara masuk pada Outline Tool, pilih 2 Point Outline (Thin), maka garis akan menjadi tebal seperti gambar dibawah ini


  1. Posisikan letak saku seperti pada gambar dibawah ini
  2. Pilih keseluruan objek lalu Tahan tombol Ctrl kemudian Klik tahan kotak tengah sebelah kiri (gambar kiri), lalu geser kekanan, lalu lepaskan tombol mouse


    10. Maka objek
  3. akan duplikat seperti pada gambar dibawah ini
  4. Untuk menyempurnakan bentuk objek kerah buat lagi objek menggunakan Freehand Tool, seperti pada gambar dibawah ini


    12. Klik
  5. 2x objek baru, klik kanan lalu kurvakan gatis bagian atas

  6. Lalu kurvakan, kurang lebih gambarnya seperti dibawah ini

  7. Kerah masih belum rapi, untuk merapikan kerah, klik kerah sebelah kiri lalu tahan sombol shift, klik kerah bagian atas

  8. Klik Trim , jika anda belum mengetahui apa itu trim, klik disini Memotong Gambar dengan Coreldraw
    Maka kerah sebelah kiri sudah terlihat rapi, lakukan hal serupa pada bagian kerah kanan.















  1. Agar kerah terlihat sempurna, ulangi Langkah 12 dan 13 untuk merapikan kerah atas bagian bawahnya




  1. Kini bagian atas sudah rapi, desain kemeja sudah terlihat sempurna


  1. Buat tempat untuk kancing baju menggunakan Rectangle Tool, sesuaikan lebarnya (gambar kiri), beri warna putih maka akan terlihat seperti gambar dibawah ini(gambar kanan).

















  1. Buat objek bulat untuk kancing. Menggunakan Ellipse Tool.
    Ukuran objek sesuaikan dengan lebar tempat kancing. Atur hingga posisi kancing seperti pada gambar dibawah ini.




















  1. Setelah selesai kini tinggal memberi warna pada desain kemeja yang telah Anda buat. Kemudian pilih Polet lengan kiri + Polet lengan kanan + kerah bagian kiri + kerah bagian kanan + kerah bagian atas + tempat kancing + saku bagian kiri + saku bagian kanan, Lalu beri warnah terserah anda! Kalau warna kesukaan saya biru & putih

  1. Klik baju sebelah kiri + baju sebelah kanan
















 


BAB III
SASARAN PASAR / PENGGUNA

Sasaran pasar untuk mendesain kaos ini adalah :
      1. Siswa/siswi
      2. Anggota Komunitas
      3. Pegawai Perusahaan
      4. Mahasiswa
      5. Pengusaha Distro
      6. Masyarakat sekitar

Kesimpulan :
Kaos adalah Pakaian sederhana ringan untuk tubuh bagian atas, biasanya lengan pendek [T - shirt disebut demikian karena bentuknya]. Sebuah T-shirt biasanya tanpa kancing dan kerah, dengan leher bulat dan lengan pendek. Busana ini bisa dikenakan oleh siapa saja, baik pria dan wanita, dan untuk semua kelompok umur, termasuk bayi, remaja, dan dewasa.
Dan pada zaman yang sudah modern ini , dengan adanya software desain grafis seperti CorelDRAW , kita bisa membuat kaos yang awalnya polos untuk kita desain semenarik mungkin agar lebih terlihat cantik dan menarik hati para konsumen. Kita bisa menyesuaikan desain sesuai dengan kebutuhan .

BAB IV
PENUTUP
Dengan mengucapkan rasa puji syukur. Alhamdulilah kehadirat Allah SWT . atas berkahnya yang melimpah. Sehingga saya dapat menyelesaikan proposal tugas akhir ini dengan penuh tanggung jawab , walaupun masih banyak kekurangan dan masih jauh dari tujuan yang diharapkan.

Harapan saya semoga proposal ini dapat diterima dengan baik dan untuk memenuhi project tugas akhir . melalui laporan ini, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pembuatan proposal saya dan mohon maaf atas kekurangan yang terdapat dalam penyusunan proposal ini.

Akhir kata saya berharap proposal tugas akhir ini dapat bermanfaat bagi kita semua.


DAFTAR PUSTAKA


  1. http://reksiaji.blogspot.com/2012/11/kekurangan-dan-kelemahan-corel-draw.html
  2. http://id.wikipedia.org/wiki/CorelDRAW
  3. Cuma-main.blogspot.in/2013/09/keunggulan-dankekurangan-photoshop.html?m=1

BIODATA PENULIS
Nur Lailatul Khasanah . biasa dipanggil Laila , ILa , Nur atau yang lainnya sesuka hati kalian . Lahir di Sidoarjo , tepatnya tanggal 04 September tahun 1997 . Beragama islam dari lahir . saya adalah anak kedua dari tiga bersaudara , mempunyai seorang kakak perempuan bernama Nurul Hidayah dan seorang adik perempuan bernama Aafia Bilqis Fatimah Az-zahra . Bertempat tinggal di Perumahan Bumi Candi Asri , Desa Ngampelsari Kecamatan Candi .
Saya pernah belajar selama dua tahun di bangku Taman Kanak-Kanak ( TK ) di TK Darul Ulum Bungurasih . setelah itu melanjutkan ke bangku pendidikan Sekolah Dasar (SD) , untuk sekolah dasar ini saya sering berpindah – pindah , dari SD Darul Ulum Bungurasih selama satu tahun , kemudian ke MI Nurul Huda Ngampelsari selama satu tahun , dan berakhir di SDI Sabilil Huda Sumorame . dan melanjutkan ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama tiga tahun di SMPN 2 Tanggulangin . dan sekarang saya bersekolah di SMK Antartika 2 Sidoarjo mengambil jurusan Multimedia .
Selama bersekolah di SMK Antartika 2 Sidoarjo saya pernah magang (Praktek Industri) di KPP Pratama Sidoarjo Barat selama 4 bulan .
Bisa kunjungi blog saya untuk melihat hasil proposal dll : laila-catchy.blogspot.com




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Kuliner : Mie Samyang