Pegawai Toko



Udah lama gak buka blog dan nulis L sedih deh liat kondisi blog .
Tiap kali mau tulis blog bingung deh mau post via apa ? via handpone kalo pake upload gambar , gambarnya gabisa minimum hasilnya , jadinya gede . dan itupun cuman bisa nulis di blog gabisa baca ataupun yang lainnya .
Nah kali ini bakalan sedikit cerita pengalaman kerja ajalah ya , gimana rasanya kerja jadi pegawai toko dengan gaji yang minim dan dengan jam kerja 11 jam .
Emang sih niat awal dari selesai UNAS mau coba kerja , kerja apa ajalah yang penting HALAL. Selama liburan UNAS ngerasa jenuh banget kalo bakal nganggur lama dirumah , coba-coba buat Surat Lamaran Kerja . dengan modal Surat Permohonan , Foto Copy KTP , Foto Copy Sertifikat selama PSG , dan Daftar Riwayat Hidup aku coba naruh lamaran di sebuah toko perlengkapan haji di Sidoarjo .



Selama nunggu panggilan dari Toko , sengaja ikut-ikutan event fotografi di Surabaya . selang 2 minggu aku naruh , ada telfon dari nomer yang gak ada namanya di kontakku . sempet bingung sih ini nomer siapa kok kaya telfon rumah ? 031 ? penasaran . akhirnya pulang dari sekolah coba lewat depan Toko itu dan liat nomer telfon yang tertera di Banner nya . ternyata bener itu nomer Toko .
Gak lama aku coba telfon balik , dan ternyata aku dan temanku dipanggil untuk interview sore itu juga . pas banget posisi siang itu mau pergi ke Surabaya buat ngumpulin foto ke Dinas . gaada pilihan lain ? siang itu juga langsung berangkat ke Surabaya dengan kondisi masih pake seragam , berharap Surabaya gak macet dan cepet balik ke Sidoarjo buat interview.
Dan ternyata gak sesuai perkiraan , siang itu cukup macet . dan saat di Dinas , dapet amanah pula untuk pasang poster di sekolah . mau gak mau sore jam 3 an sampe Sidoarjo langsung meluncur ke sekolah buat ngasih itu poster . fikiran sudah bingung , hari uda sore ? jam setengah 4 interview , masa iya interview pake seragam ? gak sopan banget gitu dilihatnya.
Tapi apa mau dikata , jam sudah memaksa untuk tetap nekat datang interview dengan pake seragam. Sedikit gugup karena ini pertama kalinya aku ngelamar kerja dan dapet panggilan. Gak lama setelah interview selesai , lega rasanya si yang punya toko bisa memaklumi .
Dua hari setelah interview aku dapet panggilan untuk kerja di toko itu . tepat tanggal 5 Mei 2015 . bayangin ? tanggal segitu disuruh mulai kerja sedangkan tanggal 10 Mei 2015 ada Tour ke Bali dari sekolah. Mau izin itu sungkan , baru juga kerja beberapa hari mau izin . tapi untungnya sih juragannya baik dan mengizinkan .
Langsung aja deh ke kerjaan .

Kerja ditoko itu ?? enak sih , gak ribet urusan penampilan , santai juga kalo lagi gaada pembeli . tapi kalo sudah rame ya kudu cepat tanggap buat nangani pembeli .
Senengnya kerja di toko itu , pakaian gak di atur jadi aku yang suka pake rok . dibolehin buat pake rok . dan untuk waktu sholat pun dikasih , jadi kalo emang sudah saatnya sholat , juragan kadang ngingetin “ wes sholat rek ? sholat o sek kono gentian “ maklum lah ya orang sidoarjo gak berbasis bahasa Indonesia lancar wkwk. Dan disitu waktu istirahatnya 2 jam . dari jam 12 siang sampai jam 2 siang . punya waktu luang 2 jam kudu dimanfaatin dong buat nambah energy ( Sholat + Makan + Tidur) , dan disitu kalo emang lagi laper pas jam kerja boleh aja makan selama gaada pembeli .
Sempet ngerasain puasaan di tempat kerja juga sih , jam kerja ditambah . dari jam 9 pagi sampe jam 9 malem . dengan istirahat siang 2 jam dan istirahat pas waktu sholat tarawih satu jam . jadi disitu enaknya ibadah pun gak terganggu , untuk buka puasa pun dapet jatah dari juragannya , ya walaupun Cuma dikasih budget 10.000 untuk beli makan . jadi menu yang dibuat buka puasa simple aja , menunya paling kalo ga nasi goreng ya penyetan . tetap disyukuri
Kalo dari temen kerja sih ? ya namanya juga dunia kerja ya berebut buat dapetin hati sang juragan biar bisa jadi kebanggan atau kepercayaan si juragan . kadang ada yang suka nyalahin anak baru macem aku gini ini lah kalo ada kesalahan yang diperbuat sama senior , junior mah bisa apa ? selain bisa sabar dan pasrah wkwk
Kadang ada yang sukanya nyuruh nyuruh , yang disuruh juragan sapa ? yang ngerjain siapa ? kalo ada lupanya naruh barang atau sama harga barang itu aja kadang kena omel “ hafalno ta rek hargae iku , ojok takon ae “ nah maklum dong kalo anak baru gak hafal harga barang-barang lama . kecuali kalo  menangi pas juragan habis belanja dan ngasih harga gitu baru deh hafal.
Jadi saranku , kalo kalian kerja di Toko jadi pegawai toko itu harus ekstra sabar mulai dari ngadepi pembeli yang cerewet , yang banyak tanya , dan suka semena-mena . dan jangan pernah takut kalau kalian disalahkan kalo memang kamu gak salah , karena orang jujur akan ditolong oleh ALLAH SWT.

Komentar

  1. Wah, pengalaman kamu bagus ini dishare begini. Bisa jadi wawasan baru. :)
    Tapi sepertinya kamu enjoy ya meski 11jam. Kalau kerja ufa heppi, meski capek tetep enteng :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Kuliner : Mie Samyang