Pengalaman Klaim BPJS-Tk

Assalamualaikum warohmatullah hiwabarokatu

Udah lama ga pernah nulis di blog lagi , saking bingungnya mau bahas apaan . wkwkw

Kali ini bakalan review , review pengalamanku klaim BPJS Ketenagakerjaan . jadi mungkin ulasan ini bisa jadi pandangan untuk kalian yang mau kali bpjs kalian.



Jadi , aku baru aja resign dari kerjaan aku . resign bulan agustus 2018 kemarin , dan baru sempet klaim bpjs nya bulan september 2018.
Awal sih bingung dan ragu , bisa gak sih bpjs di klaim in . bpjs kan buat kesehatan gitu , masa bisa diuangkan ? Tanya ke beberapa temen kantor katanya bisa , dan ada juga yang bilang ga bisa . karena beranggapan emang bpjs itu macem asuransi kesehatan . jadi gak bisa di uangkan . dan ternyata , setelah ku Telisik di google . bisa guys !! Dan temen kantor ku juga nyaranin buat download aplikasinya bpjstk ( bpjs ketenagakerjaan ) di playstore buat cek saldonya . jadi biar tau kira-kira duit kita ada berapa gitu . 

Akhirnya ku download dan buat akun , dan bener dong bisa dicek juga saldonya . tapi dari situ aku masih bingung sama maksut-maksut jht dan lainnya . di aplikasi itu juga ada fitur klaim jht . lah setauku jht itu jaminan hari tua . negthink lagi lah diriku ini , jangan jangan cuman bisa di klaim pas udah tua . akhirnya ku Googling lagi gimana cara klaim bpjs . salah satu syarat buat klaim adalah kita harus peserta nonaktif . atau sudah bukan karyawan lagi di perusahaan yang selama ini membayarkan bpjs kita . dan saat itu , sekalipun aku udah resign tanggal 7 . bpjs ku masih aktif dan baru di nonaktifkn tanggal 29 agustus 2018 . dan ku pun ragu dong mau klaim bulan itu juga , karena ada sebagian website yg mengatakan kalo bpjs baru bisa di klaim satu bulan setelah dinonaktifkannya . 

Sabarlah , akhirnya tanggal 27 september 2018 nekat buat dateng ke kantor bpjs . seriusan , karena kudet akhirnya dateng ke kantor bpjs pagi sekitar jam 9 nan lah karena banyak orang bilang kantor bpjs itu selalu rame . 

Pas sampe di parkiran , ditanya sama si abang parkirnya " mau urus bpjs pribadi apa perusahaan mbak ? " ku jawab " perusahaan pak " . katanya oh ya bener disini . masuk aja . dan ku baru tau ternyata bpjs ini kantornya banyak di sidoarjo . pas masuk , ketemu security , ku tanya untuk klaim bpjs ketenagakerjaan bisa disini ? Katanya kalo bpjs ketenagakerjaan di daerah Taman Pinang . oh my , itu jalan beneran tadi aku lewatin cuy , dan dari giant atau makam pahlawan ke taman pinang itu lumayan . lumayan ngukur jalan maksutnya.

Oh ya , fyi yaa . sebelum ke bpjs ini aku udah browsing dulu persyaratannya apa aja buat klaim . 
Dan persyaratannya itu :
1. KTP asli dan FC
2. KK asli dan Fc
3. Kartu bpjs ketenagakerjaan asli + fc
4. Surat paklaring atau keterangan berhenti bekerja dari perusahaan yang asli dan fc 
5. Buku tabungan bank asli dan fc ( ini wajib tabungan sendiri ya , gak boleh pake tabungan orang lain)

Jadi semuanya itu serba yang asli dibawa juga , tapi don't worry , gak bakalan ditahan kok , itu cuman buat mastiin aja kalo datanya valid. Dan usahakan jangan pelit fotocopy ya guys , usahalan fotocopy nya diperbanyak sekitar 3lembaran lah tiap filenya . 
Dan sesampainya di bpjs taman pinang , aku tanya security . sama bapaknya disuruh buat isi form nya dulu . kaga berani motoin formnya takut sih wkwk takut bakalan nanti disalah gunakan sama orang . 
antrian cek data setelah isi form

Dan setelah ngisi form dan melampirkan yang 5 tadi udah aku sebutin , kita bakal dikasih nomor antrian . dan itu antrian buat cek data yang kita bawa dan nantinya sama petugasnya kita dikasih map , jadi form dan lampiran tadi dimasukin map buat disetor ke drop box yang ada didalam kantor . jadi abis antri cek data di luar , kalo data sudah memenuhi persyaratan , kita bakal diarahin buat masuk ke antrian drop box . dimana kita cuman masukin map tadi ke dalam drop box , dan nantinya file bakal di cek lagi sama petugasnya . jadi banyak pengecekannua disini guys wkwk.
But itu gak makan waktu lama , karena petugasnya juga gercep atau gerak cepat saat nge cek . terus setelah data valid , kita bakalan dimarahin ke bagian input data . jadi map tadi diserahin ke kita lagi dan kita dikasih nomor antrian buat ke bagian input . di bagian input ini terakhir guys , jadi mereka bakalan input data kamu untuk klaim bpjs . kamu juga bakalan diminta foto , foto di tempat kok jadi ga perlu cetak . terus nanti filenya yang asli macem ktp , kk , paklaring , dll bakalan dibalikin . kecuali kartu bpjs yang mau di klaim itu gak dibalikin guys. 
Antrian dropbox

Nah disini aku sempet ada kesalahan guys di buku tabungan , jadi harusnya pakai buku tabungan atas nama sendiri gak boleh pinjem tabungan orang . alhasil prosesnya mundur . karena aku pribadi selama ini buat rekening itu pakai nama kakak karena repot dan gak sempet ke bank juga dulu . alhasil aku urus dulu pembuatan rekening baru di bank , besoknya baru balik nukerin buku tabungan doang . 
Antrian input data

Di bagian input ini , kalo kita sudah valid semua datanya . kita bakalan dikasih lembar rincian saldo bpjs kita dan sebagai bukti tanda terima buat data-data yang asli sudah kita terima gitu . dan disitu juga bakalan ditulisin tanggal paling lambat kamu bakalan terima uangnya disitu punyaku baru bisa di proses ke pusat hari senin , karena kesalahan tabungan tadi aku baru setor ke bpjs nya jumat . dan pihak bpjs cuman bisa proses tiap hari senin -kamis doang guys . jadi disitu jarak antara kita urus dan terimanya itu cuman sekitar seminggu . 
Contohnya nih , aku proses bpjs tanggal 28 September 2018 . dan itu ditulis paling lambat penerimaan tanggal 5 oktober 2018 . jadi kalo sampe diatas tanggal itu belum terima , disitu juga dilampirin nomor telfonnya jadi kita bisa langsung hubungi dan tanyakan kenapa belum masuk. Tapi alhamdulilahnya prosesku termasuk cepat guys , jadi tanggal 3 Oktober 2018 itu aku sudah terima . jadi lebih cepat dari dugaan . 

Jadi kalo ada yang bilang klaim bpjs itu ribet dll , kayanya kalian mesti coba dulu deh timbang komentar tanpa bukti gitu . dan fyi juga yaa , aku kan dari kantor dapetnya 2 kartu , kartu bpjs ketenagakerjaan dan jht . nah yang bisa dicairin itu baru BPJS ketenagakerjaan , karena kalo jht itu untuk usia dini atau untuk jaminan hari tua . jadi baru bisa di klaim saat usia kita uda 50tahun . begituu guys !!

Jadi buat kalian semua yang mai klaim bpjs , ada baiknya cari cari info dulu deh.  sebenernya klaim lewat aplikasi juga bisa , tapi kapan hari aku coba itu aplikasinya lagi bermasalah jadi gabisa deh . 

Yaudah itu aja ulasan aku , disini niatnya cuman mau bagi pengalaman buat semua yang mau klaim bpjs . selamat mencoba ! Semoga bermanfaat ya tulisan ini . 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Kuliner : Mie Samyang