Opini #4 : Jaga Kebersihan yuuk !!

Assalamualaikum wr.wb semuanyaaa , kali ini bakalan ulas tentang profesi seseorang . Mungkin familiar sih , atau malah udah gak asing lagi sama yang namanya Cleaning Service atau Office Boy/Office Girl .

Nah jadi semalem selesai mata kuliah sempet nimbrung dulu di kelas karena hp lowbat , jadi charge dulu lah sedikit biar bisa dipake download . Eh tau nya ada mas-mas CS (cleaning service) masuk dengan sopan ngomong " permisi mbak , saya mau bersihin kelasnya " ok jam masih nunjukin pukul 19.30 WIB kalo ga salah . Ya tapi emang udah sepi sih karena perkuliahan udah banyak yang selesai .


Si mas nya tetep bersihin kelas , nyapu , ambilin sampah-sampah makanan di kelas yang berserakan . Dan entah kenapa pikiranku kepo untuk kerjaan beliau , karena memang sebelumnya yang kutau cs nya itu bapak-bapak cuman 2 orang . Tapi sekarang jadi anak muda-muda dan lebih dari 2 . Tanyalah saya pada mas-mas nya

Aku : Mas , office boy baru disini ? Kok kayanya ga pernah lihat ? Atau mungkin aku nya yang kurang perhatikan sekeliling
Mas : saya bukan office boy mbak , cuman outsourcing . Office boy yang lama denger-denger sih di pindah di kampus 2
Aku : *seketika inget kerja outsourcing*
Mas : kenapa mbak ? Yang sekarang lebih muda-muda ya ?
Aku : iya mas
Mas : ganteng-ganteng juga ? Haha
Aku : gatau deh mas , ga perhatikan detail . Emang FKIP ini ditutupnya jam berapa mas ? Kok kayanya lebih awal daripada fakultas yang lainnya .
Mas : sebenernya kita ini kan kerja cuman sebentar mbak , ikut outsourcing . Jadi kita mulai habis isya sampai jam 10 malem untuk bersih-bersih 3 lantai . Kalau sudah bersih ya di tutup . Karena kan emang kuliahnya yang fkip ga terlalu malem juga selesainya . Nah kalau pagi ada 10 orang , kalo malem ada 9 orang .
Aku : oh banyak juga ya
Mas : iya mbak , karena kan emang 3 lantai jadi banyak , ya begini bersihin setiap kelas . Yang paling lama ya lantai 1 karena kan ruang dosen .

Oke sekian aja percakapan sama mas nya , dari situ aku ngeliat orangnya bersihin sampah-sampah , dan kadang aku cuman heran sama orang-orang . Ga cuman di kalangan mahasiswa ya tapi untuk masyarakat sekitar juga . Office boy / cleaning service emang kerjanya bersihkan ruangan . Tapi bukan berati dengan adanya mereka , kalian bisa buang sampah sembarangan bahkan gak jaga kebersihan .

Contoh kecil aja , kalau lagi ke kamar mandi atau toilet umum kadang itu kotornya masyaallah bekas sandal dll . Padahal ya tiap depan toilet ada kesetnya . Kadang juga bekas tisu-tisu atau bungkus pembalut juga berserakan . Padahal uda di sediakan tempat sampah . Please lah , jaga kebersihan dimanapun kalian berada . Sekalipun nantinya ada cleaning service atau ob yang bakal bersihin . Tapi bantu ngeringanin kerjaan mereka juga gak ada salahnya kan ? Toh kebersihan juga sebagian dari iman

Toh kalau toilet atau ruangan umumnya bersih yang nyaman juga kita-kita yang ngunjungi kan ? Kalo toilet nya jorok banyak sampah dan becek apa iya masih mau masuk ? Atau malah nyaci gak jelas .

Jadi intinya tetep jaga kebersihan , office boy atau cleaning service itu kerjanya emang bersih-bersih tapi kalian sebagai umat manusia yang memiliki akal dan pikiran . Setidaknya tetap menjaga kebersihan agar tidak menimbulkan kejorokan/kekotoran di lingkungan sekitar

Untuk Indonesia yang lebih Bersih . Untuk Sekitar yang lebih enak dipandang .

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Kuliner : Mie Samyang