Opini #3 : Jaga Lisanmu

Manusia itu pandai berbicara , pandai dalam berkomentar juga , tapi terkadang mereka suka tidak sadar diri bahwa apa yang dilontarkan terkadang menyakiti hati temannya atau orang lain . 

Nih 3 pertanyaan yang sering banget ku dengar , sedih liat orang jaman sekarang yang hobby nya nanya begitu . Macem gaada kerjaan lain aja.

1. Kapan Nikah ?

Plis ini pertanyaan emang udah umum banget ditanyain para orangtua maupun kerabat dekat kalau kita datang silaturahim . Pahamilah guys , ga semua orang suka ditanya begitu . Iya kalau nanyanya sekali dua kali . Kalau keterusan ? Itu niat nanya apa nge hina orang yang belum nikah ? 
Nikah kapan itu kita emang bisa memplaning untuk menikah diusia berapa . Tapi urusan jodoh ? Apa kita bisa tau kapan kita bakalan dipertemukan dengan jodoh kita ? Itu kan rahasia Allah .
Kalau alasan kalian menanyakan itu hanya sekedar iseng . Mending kurangin deh isengnya , kadang menurut kita iseng tapi menurut yang ditanya itu menyebalkan. 
Nikah kan juga bukan perkara yang mudab , bukan perkara ijab qabul terus sah gitu aja . Banyak hal yang harus dipersiapkan juga biar nantinya saat menikah kita gak salah kaprah dalam bersikap dan membangun rumah tangga.
Nikah itu juga bukan suka sama suka aja . Toh kalo kitanya sama sama suka tapi dari pihak keluarga ada yang gak suka . Ribet kan ? Jadi nikah itu mempersatukan dua keluarga yang berbeda . Berbeda visi dan misinya

2. Ih kamu gendutan deh . Ih kamu kurus banget bla bla bla

Plis jangan bawa bawa fisik , orang paling sensitif kalo disinggung masalah fisik . Boleh kalian merasa perhatian sama temen , mungkin niat kalian mengatakan itu biar yang gendut jadi langsingan dan yang kurus jadi agak berisi badannya alias biar ideal lah . Tapi apa kalian pernah mikir gimana perasaan mereka saat dapat omongan begitu ? Sakit ati men . Iya mungkin bisa aja mereka cuek , tapi yakin banget sesekali dia pasti mikir dan ngerasa ga sempurna. 

Coy , ini badan badan kita . Mau kita gendut mau kita kurus itu hak kita , gaada larangannya didalam negara kalo setiap warga negara indonesia kudu punya badan yang ideal . Didalam agama juga kan gak mengharuskan kita memiliki tubuh yang ideal. 
Kalo bagi aku pribadi , mau kita kurus atau gendut itu gak masalah yang terpenting adalah SEHAT . sekarang kalau kita gendut terus maksain diet karena cibiran temen-temen , banyak kan yang jatuhnya jadi sakit dan menyiksa diri sendiri. 
Boleh sih kalo niatnya mengingatkan aja untuk kebaikan temen . Tapi gunain kata kata yang bagus , jangan nyakitin begitu . Buat motivasi biar dia lebih menjaga pola makannya

3. Berhijab tapi kok kelakuannya begitu ?

Pernah dengar yang seperti itu ? Plis lah jangan salahkan hijabnya kalau akhlaknya belum baik. Manusia gaada yang sempurna kan , dia berhijab untuk memenuhi kewajibannya sebagai seorang muslimah jadi kalau akhlaknya belum baik itu diingetin " gak malu sama hijabnya " atau gak pakailah kata kata yang lebih manis. 

Yang namanya perilaku itu  gak selamanya baik , pasti ada buruknya juga . Yang berhijab belum tentu akhlaknya baik ? Ya memang . Tapi insyaallah yang berhijab akan menjaga sikap karena mereka tau batasan-batasannya dalam bersikap dan bertingkah laku.

Jadi jangan pernah salahin hijabnya , hijab gak salah apa apa kok di kambing hitamkan . Atau disalahin . 

Yap itu tadi 3 pertanyaan atau pernyataan yang sering ku dengar di lingkungan sekitar . Kalau kalian biasa dapet pertanyaan bagaimana ? Yuk sharing !!

Komentar

  1. Kapan nikah? Kalau sudah nemu jodohnya hehe...
    Kok kurusan/gendutan? Ugh ini juga bikin sebel. Yang mau badan ini kurus/gendut ya siapa? Kita kan gatau usaha apa yang sudah dilakuin selama ini.
    Usaha itu udah mati-matian dicoba secara diam-diam, trus masih dikatain, ya sakit hatilah kita.
    Lebih baik diam aja :D jaga ucapan. Posisikan diri ini sebagai dirinya. Belum tentu bisa kuat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Kuliner : Mie Samyang