“SMART” SEBELUM MEMILIH SMARTPHONE

Hallo reader , kali ini bakalan sedikit nge post beberapa tips yang saya dapatkan dari Majalah FrontLiners yang merupakan majalah dari Indosat edisi Juli 2014. Seenggaknya berbagi tips yang saya dapatkan dari majalah gaada salahnya kan ? berbagi ilmu biar semuanya SMART sebelum memilih atau akan membeli SMARTPHONE .


Nah langsung aja ini ulasan penting sebelum membeli smartphone :

1.       SISTEM OPERASI (OPERATING SYSTEM)
Saat ini, ada tiga system operasi terbaik yang paling banyak digunakan oleh smartphone, yaitu Android, IOS, dan Windows Phone. Berikut kelebihan dan kekurangan dari ketiga system operasi tersebut :

Android
System operasi ini paling popular dan banyak digunakan. Kelebihan Android terletak pada pilihan smartphone-nya yang beragam dari berbagai vendor internasional seperti Samsung, HTC, LG, Motorola hingga vendor local semacam Advan, Smartfren , Mito, Cross dan sebagainya. Keunggulan lain adalah lebih dari satu juta pilihan aplikasi dan game juga terdapat di Google Play Store

iOS/iPhone
system operasi ini merupakan rancangan Apple yang terkenal berkat tampilan menawan dan mudah digunakan. Selain itu, iOS/iPhone menyediakan berbagai macam pilihan aplikasi dan game terbaik saat ini. Minusnya, aplikasi dan game yang ditawarkan harganya lebih mahal disbanding fasilitas serupa di Android

Windows Phone
Awalnya memang tidak dilirik, tapi belakangan Windows Phone berhasil merebut hati konsumen. Windows Phone menawarkan tampilan Live Tile  yang mudah diatur sesuka hati. Selain itu, system operasi ini juga terintegrasi langsung dengan Xbox games, video, dan music, serta aplikasi Office dan Outlook. Minusnya, aplikasi yang masih sedikit disbanding dua system operasi smartphone diatas.

2.       UKURAN LAYAR
Setelah system operasi, hal lainnya adalah dimensi dan ukuran layar. Saat ini, ponsel cerdas memiliki dibagi dalam dua kelas. Smartphone dibawah 5 inch dan diatas 5 inch yang biasa disebut sebagai phablet. Berbagai smartphone flagship  saat ini biasanya mengusung layar diatas 5 inch walaupun masih ada yang mengusung layar lebih kecil.

3.       RAM
Performa smartphone  bermuara pada RAM yang tersemat di ponsel cerdas ini. Beberapa smartphone  menengah ke atas membenamkan RAM sebesar 2 GB hingga 3 GB. Sementara smartphone kelas menengah ke bawah biasanya mengusung RAM sebesar 1 GB dan 512 MB. Semua ukuran RAM yang ada pada smartphone  disesuaikan dengan budget dan selera konsumen masing-masing.

4.       RESOLUSI LAYAR
Mau kualitas tampilan jernih dan berkualitas? Pilihlah smartphone dengan resolusi yang besar. Tidak sedikit smartphone yang memiliki layar dengan resolusi HD 720p (1280 x 720 piksel) atau bahkan 1080p (1920 x 1080 piksel)

5.       MEMORI PENYIMPANAN
Smartphone yang banyak beredar sekarang, mengusung pilihan memori internal sebesar 16 GB, 32 GB, hingga 64 GB. Sementara smartphone menengah kebawah kebanyakan membenamkan memori internal 8 GB dan 4 GB. Besar kecilnya memori penyimpanan disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

6.       KAMERA
Poin penting terakhir adalah kualitas dan kemampuan kamera yang ada di smartphone yang akan dibeli. Yang harus diperhatikan adalah ukuran megapixel tidak selalu menghasilkan kualitas gambar yang bagus dan jernih. Tambahan selain ukuran piksel adalah ketersediaan LED flash atau autofocus. Beberapa smartphone belakangan bahkan sudah melengkapi kameranya dengan optical image stabilization.

Sumber : Majalah FrontLiners edisi Juli 2014


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Kuliner : Mie Samyang